Text

Mitra Bacaan Alternatif bagi Anda untuk Menambah Wawasan tentang Ahlus Sunnah Wal-Jama'ah.
Penerbit Khalista adalah satu-satunya penerbit yang konsen dengan tema Ke-ASWAJA-an.
Contact Person: 0857 3009 2601 (telp/sms).
Melayani Grosir dan Eceran.

Rabu, 23 Maret 2016

Dalil-Dalil Praktis Amaliah Nahdliyah; Ayat dan Hadits Pilihan Seputar Amaliah Warga NU


Judul: Dalil-Dalil Praktis Amaliah Nahdliyah; Ayat dan Hadits Pilihan Seputar Amaliah Warga NU
Penulis: KH. Marzuqi Mustamar
Penerbit: Muara Progresif
Harga: Rp 50.000,-

Sinopsis:
Keraguan dalam agama adalah musibah terbesar dalam hidup. Ironisnya musibah ini belakangan kerap melanda umat islam di negeri ini, khususnya warga Nahdlatul Ulama. Salah satu penyebabnya adalah merebaknya beberapa firqah atau kelompok yang terus saja menggugat keabsahan amaliah warga NU.

Akibatnya, umat menjadi bingung. Masyarakat awam yang ilmunya terbatas dan lemah dalam berargumentasi sangat membutuhkan pencerahan. Karena itu, upaya untuk meringankan atau bahkan menghindarkan umat dari musibah besar ini sangat dibutuhkan. Salah satunya dilakukan dengan menghimpun dalil-dalil pilihan ini, yang terdiri beberapa ayat al-Qur'an, Hadist dan pendapat para ulama.

Buku ini merupakan kebutuhan primer sebagai bekal menghadapi "propaganda" yang menggoyahkan keyakinan terhadap amaliah dan akidah Ahlussunnah Waljama'ah an-Nahdliyah. Dilengkapi pula dengan karya Hadratus Syaikh Muhammad Hasyim Asy'ari:
- Muqaddimah Qanun Asasi
- Mukhtashar Risalah Ahlussunnah Waljama'ah

Pengantar Penterjemah:
Terjemahan saya ini berasal dari sebuah kitab berbahasa Arab yang menghimpun banyak hadits secara tematik berkaitan dengan dalil-dalil amaliah, fiqhiah, i'tiqadiah, bahkan beberapa hal yang berkaitan dengan organisasi NU. Kitab ini ditulis oleh KH. Marzuqi Mustamar yang saat ini menjadi salah satu Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur dan Ketua PCNU Kota Malang.

Kiprah beliau sebagai Kiai yang ahli dan spesialis "Pembela Aswaja" sudah sangat jelas terlihat dari kitab beliau ini dan dalam banyak ceramah-ceramah beliau. Bahkan jika mengamati lebih jauh, beliau telah menjadi "sosok ideolog" di bidang Aswaja dan ke-NU-an, selevel dengan KH. Muhyiddin Abdushshomad (Jember), dan di bidang ini pula saat ini beliau menjadi Dewan Pakar di Aswaja NU Center Jawa Timur.

Sesuai yang beliau sampaikan dalam mukaddimahnya, bahwa kitab ini merupakan kebutuhan primer sebagai bekal menghadapi "propaganda" yang menggoyahkan keyakinan terhadap amaliah dan akidah Aswaja. Padahal sebenarnya itu sudah berlangsung ribuan tahun dan dilakukan oleh mayoritas umat Islam di dunia. Maka yang banyak beliau cantumkan di kitab ini adalah ratusan hadits yang dilengkapi dengan perawi haditsnya, bahkan kebanyakan telah disertai derajat haditsnya, baik yang shahih, hasan maupun dlaif. Ketika saya mendapat kitab ini, maka saya teringat perkataan imam kita:
As-Syafi'i berkata: "Jika aku melihat seorang yang ahli hadits, maka aku seolah melihat seorang sahabat Rasulullah Saw." [Ibnu Muflih al-Hanbali, al-Adab asy-Syar'iyah, 1/286)

Saya juga teringat dengan perkataan teman karib saya, Mas Teguh Rachmanto [Wakil Sekretaris PCNU Surabaya), yang pernah membacakan sebuah buku laporan dari intelijen Amerika. Di dalamnya dikisahkan bahwa ketika melihat dinamika yang terjadi saat ini, orang Barat berpandangan sedang terjadi "Hadits War" (perang hadits dalam berhujjah) dalam dunia Islam. Maka, agar kita tidak kalah, dalam kitab inilah kita temukan hujjah-hujjahnya. Hujjah-hujjah yang akurat dapat memantabkan para jamaah dan menggoyahkan lawan. (Tafsir Ar-Razi, An-Nahl: 125)

Dalam menerjemahkan buku ini, saya telah berusaha keras memahaminya dan merujuk kepada kitab-kitab Syarah Hadits seperti Fath al-Bari (karya al-Hafidz Ibnu Hajar), Syarah Muslim (karya Imam an-Nawawi), Faidl al-Qadir (karya al-Hafidz al-Munawi), dan sebagainya Pada akhirnya, saya menyadari bahwa saya bukanlah orang yang terbaik untuk menerjemahkan kitab besar ini. Semoga kelemahan saya tidak mengurangi kebesaran kitab al-Muqtathafat ini. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar